Baginda Hutapea

This is my blog, blog of praises that flows from my heart.

Mau Punya Perut Six Pack? Atau Bahkan Eight Pack?

on 30 January 2012

Banyak orang yang mengira, mungkin juga termasuk Anda yang membaca tulisan ini, kalau perut six pack itu didapat dengan cara melakukan berbagai macam variasi latihan perut, seperti sit-up, crunches, leg raises, dan sebagainya, dengan intensitas yang sangat tinggi dan dilakukan sesering mungkin. Kalau memang begitu yang Anda pikirkan, sepertinya saya harus mengatakan bahwa Anda sudah sangat keliru dan disesatkan oleh berbagai pemikiran yang sangat dangkal.

Setiap manusia yang hidup (termasuk Anda dan saya) pada dasarnya sudah memiliki otot perut yang sering disebut six pack itu, bahkan mulai dari usia remaja. Masalahnya, apakah otot six pack tersebut ditutupi oleh LEMAK dan AIR atau tidak. Setiap orang yang “tidak memiliki” perut six pack, sebenarnya hanyalah karena tertutup oleh kedua unsur tadi. Itulah yang membedakan orang-orang bertubuh atletis, yang memiliki otot six pack yang tajam dan terdefinisi jelas, dengan kebanyakan orang pada umumnya. Menurut saya pribadi, sangatlah salah apabila kebanyakan orang mengira kalau perut six pack itu hanya diperuntukkan bagi anak-anak muda atau orang-orang yang ingin menjadi model saja. Perut six pack itu perlu untuk dimiliki oleh setiap orang dari segala usia, mulai dari remaja sampai ke kakek-nenek, jika perlu. Mengapa? Karena perut six pack itu adalah simbol dari gaya hidup yang sehat. Tidak mungkin ‘kan seseorang yang berkadar lemak dan kolesterol tinggi memiliki perut six pack? Lihat saja Jo Hae-seok, kakek berusia 74 tahun asal Korea Selatan itu. Selama 57 tahun melakukan latihan beban, tidak pernah sekalipun ia menderita penyakit yang serius, di samping perut six pack nya yang masih tetap terjaga sampai dengan hari ini.

Nah, sekarang yang jadi pertanyaannya adalah, bagaimana cara mengurangi kadar lemak dan air di dalam tubuh kita semaksimal mungkin, sampai ke titik di mana otot six pack itu akan “keluar”. Caranya sangatlah sederhana, namun jujur saja, tidak akan membawa hasil, apabila tidak diiringi dengan kedisiplinan dan niat yang kuat. Rahasianya hanya terletak pada dua hal ini, yaitu AKTIVITAS KARDIOVASKULAR (KARDIO) dan PENGATURAN POLA MAKAN. Ya, hanya dua itu saja, tidak ada cara lainnya! Aktivitas kardiovaskular yang disarankan untuk pembakaran lemak paling cepat adalah dengan berjalan cepat, bukan berlari! Anda dapat melakukannya, baik menggunakan alat treadmill maupun saat Anda berjalan kaki di luar ruangan. Berjalan cepat di sini adalah berjalan dengan kecepatan, di mana detak jantung Anda berdetak cukup cepat, tetapi tidak perlu sampai berlari. Mengapa? Karena pada saat kita berlari, mayoritas yang akan dibakar adalah gula, bukan lemak tubuh. Pastikan Anda melakukan aktivitas jalan cepat ini minimal 30 menit setiap harinya, dan lihatlah perbedaanya! Adapun pengaturan pola makan yang dimaksudkan adalah dengan makan lebih sering (5-6 kali sehari), namun dengan porsi yang sedikit-sedikit. Dengan pola demikian, Anda tidak akan pernah merasa lapar, karena setiap 2-3 jam sekali akan selalu ada makanan yang masuk ke dalam tubuh, meskipun dalam porsi yang sedikit. Pola makan yang lebih sering tersebut juga memungkinkan tubuh Anda, terutama organ lambung, untuk bekerja lebih ekstra lagi, guna mencerna makanan yang masuk. Dengan demikian, tubuh Anda akan menggunakan lemak yang tersimpan, untuk melakukan pekerjaan ekstra tersebut. Dengan kata lain, Anda akan membakar lebih banyak lemak, dengan pola makan yang lebih sering. Tentu saja tidak boleh dilupakan, bahwa makanan yang Anda makan tidak boleh yang tinggi lemak, apalagi lemak-lemak jenuh. Untuk jenis makanannya, sebisa mungkin hindari makanan-makanan yang mengandung minyak (goreng-gorengan) dan santan (opor, gulai, dan lain-lain). Juga hindari sebisa mungkin penggunaan bumbu-bumbu, seperti gula dan garam, yang terlalu banyak.

Kembali ke latihan-latihan untuk pembentukan otot perut. Latihan-latihan tersebut bukannya tidak perlu untuk dilakukan, hanya saja kita perlu mengingat dengan benar tahapan-tahapannya. Kita juga harus ingat, kalau latihan-latihan tersebut TIDAK UNTUK MEMUNCULKAN OTOT SIX PACK, tetapi hanyalah untuk menambah definisi otot six pack YANG SUDAH ADA. Jadi, tahapannya, pertama-tama munculkan dulu otot six pack Anda, dengan melakukan kedua hal yang sudah dijelaskan sebelumnya (kardio dan pengaturan pola makan), lalu berikutnya, baru apabila Anda ingin perut six pack yang lebih terdefinisi, Anda dapat melakukan berbagai variasi latihan untuk otot perut. Kalau Anda merasa tidak butuh perut six pack ala para fitness model, ya tidak perlu latihan. Toh┬áperut Anda akan tetap six pack, selama Anda tidak berhenti melakukan aktivitas kardio dan menjaga pola makan yang selalu “bersih”.

Lucunya, sangat banyak orang “gemuk” di dunia ini yang salah kaprah. Mereka berpikir, bahwa dengan melakukan sit-up sebanyak 1000 kali setiap harinya, tanpa mempedulikan aktivitas kardio dan pengaturan pola makan, perutnya akan semakin mengecil, dan niscaya muncullah perut six pack yang diidam-idamkan itu. Asal Anda tahu, sampai tua pun perutnya akan tetap buncit-buncit saja. Percaya deh!

Mau perut six pack? Atau bahkan eight pack? Pasti bisa kok! Coba deh mulai lakukan aktivitas kardio yang rutin serta jaga pola makan yang sering dan “bersih”. Jangan tunggu besok, lusa, apalagi minggu depan. Mulailah HARI INI JUGA!

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: